desa

banjar

pura

puri

subak

kesenian

situs budaya

lokasi wisata

sulinggih

lpd

pasar

tokoh seni tari

tokoh seni musik/tabuh

tokoh seni karawitan

dalang

tokoh sastra

tokoh seni drama

tokoh seni patung

tokoh seni ukir

tokoh seni lukis

pemangku

tukang banten

sekaa tabuh

sanggar tari

sanggar karawitan

sanggar pesantian

sanggar arja

sanggar wayang

sanggar dolanan

sanggar lukis

Kesenian di Kota Denpasar

Baris Cina Semawang • Desa Sanur

Author : Dinas Kebudayaan Kota Denpasar

Post on : Jun 29 2019 :: 03:16:36 PM

Viewed by : 2758 people

Deskripsi


-

Sejarah


Dahulu masyarakat Banjar Semawang diserang wabah yang aneh atau dikenal dengan grubug. Berbagai upaya untuk pencegahan telah dilakukan warga, tetapi penyakit itu tidak kunjung hilang, bahkan saban hari makin mengganas. Saat itulah salah seorang penglingsir dari Banjar Semawang yang bernama Anak Agung Lingsir mendapatkan pawisik (wahyu).

Dalam pawisik itu Anak Agung Lingsir melihat bala tentara yang naik perahu di sekitar Pantai Semawang. Satunya bewujud tinggi hitam dan bercambang seperti orang Arab. Satunya lagi berupa orang-orang berkulit putih seperti Cina. Pawisik itu juga mengisyaratkan, grubug tersebut bisa hilang bila diusir oleh bala tentara tersebut.

Berdasarkan pawisik itu, penglingsir tadi mewujudkannya dalam sebuah karya seni berupa tarian baris. Satunya memakai kostum hitam, dan satunya lagi memakai kostum putih. Sedangkan masalah gamelan berupa gong beri yang dipakai mengiringi tari baris itu, menurut Rentha, juga disesuaikan dengan isyarat yang diterima Anak Agung Lingsir, disesuaikan dengan keadaan pada masa itu. Anehnya, sejak baris itu diwujudkan dan dipentaskan, Banjar Semawang tidak lagi diserang grubug.

Sumber Informasi : Ni Made Asri Lestari Puspa Dewi

Kesenian Lainnya di kec. Denpasar Selatan