desa

banjar

pura

puri

subak

kesenian

situs budaya

lokasi wisata

sulinggih

lpd

pasar

tokoh seni tari

tokoh seni musik/tabuh

tokoh seni karawitan

dalang

tokoh sastra

tokoh seni drama

tokoh seni patung

tokoh seni ukir

tokoh seni lukis

pemangku

tukang banten

sekaa tabuh

sanggar tari

sanggar karawitan

sanggar pesantian

sanggar arja

sanggar wayang

sanggar dolanan

sanggar lukis

Tokoh Seni dan Budaya di Kota Denpasar

I Wayan Nugra • Desa Kesiman

Author : Dinas Kebudayaan Kota Denpasar

Post on : Jul 17 2018 :: 03:52:25 PM

Viewed by : 850 people

I Wayan Nugra • Seni Karawitan


I Wayan Nugra dilahirkan di Banjar Dangin Tangkluk, Desa Kesiman, tahun 1939. Anak petani miskin pasangan I Ketut Lembit dengan Ni Puglik ini mengaku begitu senang dengan tradisi gending sejak masih anak-anak. Sang ayah sendiri adalah juru kidung yang secara otomatis menempa Nugra banyak menguasai metrum kidung.

                Di masa kanak-kanak. Nugra adalah segelintir orang dewasa yang cukup beruntung. Mengenyam pendidikan di Sejolah Rakyat (SR) 1 Kesiman (1952-1953), ia menamatkan Sekolah Guru Bawah (SGB) di Denpasar tahun 1958. Tahun 1968 ia tamat Sekolah Pendidikan Guru Negeri (SPGN) Denpasar. Ia lantas tamat PGSLP (Pendidikan Guru Lanjutan Pertama) angkatan pertama tahun 1969 di Denpasar.

                Sejak ia Sekolah Rakyat kelas III, Nugra sudah bisa menghafal sebagian Geguritan Sampik Ingtai, karya Ida Ketut Sari dari Geria Sanur. Di SR pula Nugra mendapatkan guru-guru yang memiliki pengetahuan sastra Bali lumayan. Sampai kini ia ingat betapa besar jasa para gurunya itu. Tahun 1947-1948 ia bertemu guru-guru yang memiliki idealism tinggi, di antaranya yang tetap ia ingat adalah Bapak Ketut Guweng dari Kaliungu, Bapak Suamba dari Karangasem, dan Bapak Ida Bagus Raka dari Geria Tegal.

                Di SGB Nugra bertemu dengan guru bahasa Bali I Gusti Ketut Ertia. Sedangkan di PGSLP sendiri Nugra dengan kesadaran penuh memilih jurusan bahasa Bali. Alasannya karena adalah di zaman itu seseorang yang menguasai sastra termasuk adat dan budaya Bali mendapat tempat yang terhormat di masyarakat.

                Dengan latar belakang pendidikan Sekolah Guru, Nugra mengabdikan hidupnya sebagai seorang pendidik. Hampir 40 tahun ia mengabdi sebagai pahlawan tanpa jasa. Sementara itu, kegilaannya pada dunia nyastra tak pernah pudar. Tahun 1966, atas prakarsa Kepala Desa setempat, Nugra mengumpulkan sejawatnya untuk membentuk sekaa pesantian. Tujuannya tak lain adalah untuk mengalihkan perhatian masyarakat supaya tidak tergelincir pada politik PKI (Partai Komunis Indonesia), yang sebelumnya di tahun 1965 melahirkan gerakan menyedihkan. Belakangan, secara bersama-sama, ia juga mendirikan sekaa pesanitian Dharma Puspita.

                Sebagai seorang mantan pegawai negri, Nugra mendapat kepercayaan lebih luas diantaranya Ketua II Widya Sabha Denpasar Timur. Pembina Seka Santi Kabupaten Badung, Kodya Denpasar, Tim Pembina Sekaa Pesantian Provinsi Bali, Tim Pembinta Utsawa Dharma Gita Provinsi Bali, Tim Penerjemah Nakah-naskah Klasik Provinsi Bali.

                Selain  itu, dia juga duduk dalam Tim Penerjemah Naskah-naskah Bali dari Dinas Pendidikan dasar Provinsi Bali, Tim Penyusun satua-saua Bali Dinas Pendidikan Dasar Provinsi Bali, di antaranya merupakan adaprasi sendiri, seperti Gatut Kaca Sraya, Silandri, Bagus Diarsa, Ratu Anom, Loka Pala, daln lain-lain.

                Atas pengabdiannya dalam pengembangan sastra daerah, pada tahun 1087 Nugra menerima Piagam Penghargaan Upakarti Budaya dari Kotamadya Denpasar. Suami Ni Nyoman Seneng ini kini menghabiskan masa tuanya sambil memomong cucu, harapan masa depannya.


•   Alamat   : Jl. WR Supratman No.191, Kesiman, Kec. Denpasar Tim., Kota Denpasar, Bali, BANJAR DANGIN TANGKLUK, DESA KESIMAN, Denpasar Timur

•   No Telp.   : 0

•   Tempat/Tgl Lahir   : Denpasar,   01 Januari 1939

•   Menekuni Sejak   :   01 Januari 1952

Detail Lainnya


•   Nama Suami/Istri   : Ni Nyoman Seneng

•   Nama Ayah/Ibu   : I Ketut Lembit • Ni Puglig

•   Nama Anak   : • -  

Hasil Karya


Penghargaan


Sumber Informasi : -

Tokoh Seni dan Budaya Lainnya di kec. Denpasar Timur